Membetulkan atau Mengganti file Boot.ini Windows XP yang Rusak

7 Jul 2009

(Diterjemahkan dari suatu forum). Mengenai file boot.ini perlu diketahui bahwa file ini sangat menentukan lokasi dari instalasi Windows XP yang disimpan di harddisk. FileBoot.ini bisa rusak atau terhapus karena suatu alasan, dan biasanya melahirkan pesan kesalahan.

Ikutilah langkah-langkah berikut untuk membetulkan file boot.ini yang rusak atau terhapus :

  1. Masuklah ke dalam layar recovery dengan cara memasukkan CD instalasi Windows XP, lalu boot komputer dari CD instalasi tersebut. Setelah muncul pertanyaan untuk repair, maka pilihlah pilihan tersebut (tekan R), kemudian tekanlah angka 1 untuk memilih c:\windows, dan akhiri dengan memasukkan
  2. Setelah muncul DOS Prompt, ketiklah perintah tebal di bawah ini dan akhiri dengan menekan Enter.

    bootcfg /rebuild

  3. Perintah di bootcfg di atas akan melacak keberadaan/ lokasi dari instalasi Windows XP dan kemudian menampilkan hasilnya. Ikutilangkah-langkah selanjutnya untuk menambahkan lokasi instalasi Windows XP ke dalam file boot.ini yang baru.
  4. Prompt pertama yakni menanyakan “Add installation to boot list? (Yes/No/All)”.KetikY sebagai jawabannya dan akhiri dengan menekanEnter.
  5. Prompt berikutnya akan menanyakan kepada Anda untuk “Enter Load Identifier:”.Artinya menanyakan nama dari Windows XP. Sebagai contoh, ketik Windows XP Professional atau Windows XP Home Edition dan tekan Enter.
  6. Prompt terakhir menanyakan “Enter OS Load options:”.ketik: /Fastdetect dan tekanEnter.
  7. Keluarkan CD Windows XP, ketik exit dan tekanEnter untuk me-restart komputer Anda.Jika dianggap bahwa kerusakan file boot.ini adalah satu-satunya masalah, maka Windows XP sekarang seharusnya kembali bekerja dengan normal.

    Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


TAGS boot.ini corrupted damaged recover bootcfg/rebuild


-

Author

Follow Me