Membetulkan Master Boot Record yang Rusak di Windows XP

7 Jul 2009

(Masih diambil dari suatu forum). Membetulkan Master Boot Record dariWindows XP adalah dengan menggunakan perintah fixmbr, yang bisa diketik setelah kita berada di layar recovery. Perintah ini sangat berguna untuk membetulkan master boot record yang rusak akibat virus atau kerusakan lainnya.

Ikutilah langkah-langkah berikut untuk membetulkannya :

  1. Masukkan CD Instalasi Windows XP dan start up komputer dari CD tersebut, setelah muncul pesan untuk Repair, maka tekan R, lalu tekan angka 1 sangat system meminta untuk memilih c:\windows, kemudian akhiri dengan menekan Enter. Kita akan dibawah ke layar recovery.
  2. Setelah muncul layar recovery (berbentuk DOS Prompt), ketiklah perintah di bawah ini dan akhiri dengan menekan Enter.

    fixmbr

  3. Perintah fixmbr akan menulis master boot record ke dalam harddisk yang saat ini dipergunakan untuk boot ke Windows XP. Tentunya dengan perintah ini diharapkan master boot record harddisk Anda akan diperbaiki.
  4. Keluarkan CD instalasi Windows XP, ketikexit dan tekanEnter untuk me-restart komputer Anda.Dengan menganggap bahwa kerusakan hanya pada master boot record, maka seharusnya Windows XP should akan kembali normal sekarang.

    Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.


TAGS mbr fixmbr master boot record recovery damaged corrupte


-

Author

Follow Me