Mengembalikan File Hal.dll dari CD Windows XP

7 Jul 2009

(Dikutip dan diterjemahkan dari suatu forum). File hal.dll adalah file hidden (tersembunyi) yang dipakai Windows XP untuk berkomunikasi dengan hardware komputer. File Hal.dll bisa menjadi rusak karena sejumlah alasan dan biasanya akan muncul pesan kesalahan pada komputer :”missing or corrupt hal.dll”.

Ikutilah langkah-langkah berikut untuk mengembalikan file tersebut :

  1. Siapkan dan masukkan CD instalasi Windows XP, lalu boot komputer dari CD tersebut. Saat muncul pesan Repair, tekanlah R, lalu tekan angka 1 saat diminta memilih lokasi windows, yaitu : 1. c:\windows, kemudian akhiri dengan menekan tombol Enter. Anda sekarang berada di layar recovery (DOS Prompt).
  2. Ketika sudah berada di DOS prompt, ketiklah perintah dibawah ini dan akhir dengan menekanEnter:

    expandd:\i386\hal.dl_c:\windows\system32\hal.dll

    Penggunaan perintah Expand seperti contoh di atas, untuk d:\ adalah lokasi dari CD.Mungkin drive d:\ ini bisa berbeda antara satu komputer dengan komputer lainnya, tergantung drive yang di-assign saat boot dengan CD.

  3. Jika ditanya untuk “Overwrite ?”, maka tekanlah hurufY.
  4. Keluarkan CD instalasi Windows XP, ketikexit dan akhiri dengan Enter, maka komputer akan restart.Jika diasumsikan kerusakan hal.dll adalah satu-satunya hal yang bermasalah, maka seharusnya Windows XP akan kembali normal.

    Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


TAGS hal.dll damaged expand corrupted recover


-

Author

Follow Me