Fenomena Ledakan Tabung Gas 3 kg dan Kerusakan Pompa Bensin Akibat Buruknya Kualitas Premium

31 Jul 2010

Hampir sebulan belakangan ini kita disajikan berita mengagetkan seputar ledakan tabung gas elpiji kemasan 3 kg dan juga kerusakan pompa bensin mobil. Mungkin kita akan merasa terbiasa dengan berita tersebut karena disiarkan terus menerus oleh berbagai media komunikasi. Terlalu seringnya kita mendengar berita dari buruknya kualitas dari dua produk konsumsi masyarakat sehari-hari menyebabkan kita menjadi tidak mengacuhkan risiko-risiko buruk yang bisa setiap saat terjadi pada kita atau pada orang-orang terdekat kita.

Mungkin kita tidak bisa mengandalkan100% kemampuan dari pemerintah sebagai regulator dan juga eksekutor dari berbagai hukum-hukum yang terkait dengan penyelesaian masalah tersebut. Namun kita sebagai warganegara yang memiliki tingkat kepedulian yang tinggi, juga memiliki tanggung jawab penuh atas kemungkinan terjadinya hal-hal buruk akibat cacatnya kualitas kedua produk tersebut terhadap lingkungan sekitar kita, terutama orang-orang terdekat kita.

Kita sering melihat dari berbagai acara talk show di media televisi, yang mengundang para tokoh-tokoh yang berpikiran kritis untuk menyumbangkan sumbangsih pikiran guna menyelesaikan kedua permasalahan tersebut, namun apalah arti sebuahpemikiran yang hebattanpa disertai aksi/tindakan untuk mewujudkannya?

Mungkin kita merasa bahwa sebagian dari kita sudah menyadari akan kemungkinan risiko-risiko buruk tersebut suatu saat bisa menimpa kita, namun kita tidak bisa memastikan bahwa orang-orang sekeliling kita juga menyadari akan risiko-risiko tersebut. Inilah saat yang tepat bagi kita untuk menggunakan waktu kita untuk ikut serta membantu meringankan/ menurunkan angka risiko yang akan terjadi di masa mendatang, terutama terhadap orang-orang di sekeliling kita.

Bila kita merasa sebagai orang yang dikaruniai pengetahuan maupun tingkat kepedulian yang tinggi, maka inilah saat yang tepat bagi kita untuk melakukan aksi-aksi yang bisa menggugah perhatian dari orang-orang sekeliling kita akan bahaya/ ancaman yang akan dihadapi bila tetap berada dalam kondisi risiko yang sama. Kita perlu memberikan masukan berupa saran/pendapat/ koreksi yang bisa mencegah kemungkinan terjadinya hal-hal buruk tersebut pada orang-orang sekeliling kita tersebut.

Marilah kita para kaum terdidik dan memiliki solidaritas tinggi, ikut menyumbangkan tindakan/aksi, dalam membantu pemerintah untuk meredam hal-hal buruk tersebut bukan hanya lewat pemikiran-pemikiran saja. Dan mulailah hari ini juga, saat ini juga, bukan mulai besok !


TAGS


-

Author

Follow Me